Beragam Aksi Nyata untuk Melestarikan Laut

0
19

Keanekaragaman hayati laut Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Hari Laut Dunia yang diperingati setiap 8 Juni, berikut sejumlah aksi nyata yang bisa dilakukan guna menjaga laut nusantara tetap lestari.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, lautan Indonesia membentang seluas lebih dari 5 juta km2. Bentang laut Indonesia menyimpan begitu banyak potensi dan keanekaragaman hayati laut.

Tidak kurang dari 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang hidup di perairan nusantara, dari Sabang sampai Merauke. Anugerah ini harus dijaga untuk tetap lestari, sehingga generasi selanjutnya nanti tetap bisa menikmati manfaat dan keindahannya.

Setiap tahunnya, pada 8 Juni dunia internasional memperingati Hari Laut Dunia atau World Ocean Day (WOD). Perayaan ini dilakukan untuk menghargai semua laut yang ada di dunia beserta hasilnya, sekaligus untuk menyadarkan manusia tentang akan pentingnya menjaga kelestarian dan ekosistem laut.

Beragam cara dilakukan dunia untuk ikut merayakan WOD setiap tahunnya. Berikut beberapa aksi nyata, yang tidak terlalu sulit tapi sangat berdampak untuk membantu melestarikan laut yang bisa kita lakukan:

Pertama, jangan membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang sembarangan bisa mencemari laut dan ekosistem di dalamnya. Setiap sampah yang berasal dari hulu pada akhirnya akan bermuara di laut.

Artikel selengkapnya dapat Anda baca diĀ Majalah Sains Indonesia edisi Juni 2021

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini