Pesawat Angkut Berat A-400M TNI AU

0
134

Sekiranya semua berjalan sesuai rencana, pada tahun 2022 pesawat angkut berat Airbus A-400M buatan Prancis akan tiba di Tanah Air dan menambah kekuatan TNI AU kita.  Peristiwa 62 tahun yang lampau akan berulang kembali ketika, pada 18 Maret 1960 lalu, pesawat angkut berat C-130 Hercules untuk pertama kalinya mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dan sejak itu memperkuat Sayap Tanah Air.

Pada Dubai Airshow 2021, Indonesia telah menandatangani kontrak pembelian dua pesawat angkut berat jenis A-400M Multi-Role Tanker Transport (MRTT) buatan Airbus.  Penandatanganan kontrak yang disaksikan Menhan Prabowo Subianto dan Chief Executive Officer Airbus Defence & Space, Michael Schoellhorn, menandai bertambahnya kemampuan pesawat angkut berat TNI AU di masa depan. 

Pembelian dua pesawat Airbus A-400M akan disusul dengan pembelian tambahan empat pesawat sejenis dalam waktu dekat. Ini akan mengulangi sejarah tahun 1960, ketika pesawat angkut berat C-130 Hercules Tipe B Angkatan Udara RI (AURI) pertama mendarat di Jakarta dan memposisikan Indonesia, bersama Australia, sebagai negara pertama di luar Amerika Serikat yang menggunakan pesawat angkut berat jenis ini. Artikel selengkapnya dapat anda baca di Majalah Sains Indonesia edisi Januari 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini