BRIN Ciptakan Mobil Listrik Nirawak

0
106

Mobil listrik tanpa pengemudi hasil inovasi BRIN disiapkan untuk mendukung sistem transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kelak.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tengah mengembangkan mobil listrik tanpa pengemudi (nirawak). Dilengkapi dengan sistem kemudi micro electric vehicle-teleoperated (MeVI-TDS), kendaraan roda empat ini dapat dioperasikan dari jarak jauh.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Tenaga Listrik dan Mekatronik BRIN, Haznan Abimanyu, di Jakarta, baru-baru ini mengungkapkan, kendaraan ini dikembangkan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan semua moda transportasi di Indonesia harus ramah lingkungan.

Presiden Jokowi menginginkan, kendaraan yang beroperasi di kawasan Ibu Kota Negara (IKN), baik di lingkungan istana, kantor pemerintahan, hingga permukiman pegawai negara menggunakan kendaraan tanpa emisi.
“Kami kembangkan mobil listrik otonom atau tanpa pengemudi untuk mewujudkan keinginan Pak Jokowi,” ujar Koordinator prioritas riset nasional (PRN) Kendaraan Listrik itu.

Generasi pertama mobil otonom ini, lanjut Haznan, tidak diperuntukkan di jalan raya secara umum. Kendaraan ini digunakan untuk melayani transportasi di sejumlah area khusus seperti di kawasan perkantoran, perumahan, bandara, rumah sakit, objek wisata, kebun raya, dan kawasan industri. Artikel selengkapnya dapat anda baca di Majalah Sains Indonesia edisi Maret 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini