Tetap Siaga di Masa Transisi

0
103

Pemerintah menetapkan Indonesia kini dalam proses transisi dari pandemi menuju endemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melonggarkan protokol kesehatan seiring mulai terkendalinya kasus Covid-19 di Indonesia. Kini orang bebas, tidak perlu menggunakan masker di ruang terbuka. Kewaiban tes PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan luar negeri maupun dalam negeri pun dicabut asalkan sudah divaksinasi lengkap.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pelonggaran ini menandakan saat ini Indonesia sudah memasuki masa pasca pandemi atau masa transisi menuju endemi. Indikatornya, antara lain tidak ada kenaikan kasus Covid 19 yang signifikan, meskipun mudik Lebaran 2022 dibolehkan secara longgar.

Indikator lain, lanjut Menkes, saat ini tingkat positif Covid-19 dibawah 3%, tingkat perawatan rumah sakit dibawah 2%, dan angka kematian turun menjadi 3%, serta tingkat kesembuhan mencapai 97,35%. Sedangkan cakupan vaksinasi maupun tingkat kesembuhan masyarakat yang sudah pernah terinfeksi, sebagai indikator imunitas masyarakat, juga tinggi. Artikel selengkapnya dapat anda baca di Majalah Sains Indonesia edisi Juni 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini