Sejumlah Tokoh dan Museum Raih Indonesia Museum Awards 2023

Indonesia Museum Awards, apresiasi dan penghargaan tertinggi kepada museum dan tokoh permuseuman Indonesia kembali digelar pada Sabtu, 18 November 2023.

0
20

Jakarta, Sains Indonesia – Indonesia Museum Awards, apresiasi dan penghargaan tertinggi kepada museum dan tokoh permuseuman Indonesia kembali digelar. Tahun ini, penghargaan yang diinisiasi Komunitas Jelajah itu dihelat di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 November 2023. Berikut daftar lengkap peraih penghargaan Indonesia Museum Awards 2023: 

  • Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama sebagai Museum Cerdas;
  • Museum Bahari Jakarta sebagai Museum Bersahabat;
  • Museum Adityawarman sebagai Museum Lestari;
  • Museum Rahmat (Galeri Satwa Liar Dunia) Medan sebagai Museum Inovatif;
  • Museum Monumen Jogya Kembali sebagai Museum Kreatif;
  • Museum Taruna Abdul Djalil Magelang sebagai Museum Inspiratif;
  • Museum Rumah Atsiri sebagai Museum Komunikatif;
  • Museum Panji Malang sebagai Museum Unik;
  • B.R.A. Mooryati Soedibyo dianugerahi sebagai Tokoh Peduli Museum;
  • Letjen Purn Sutiyoso dianugerahi sebagai Pengabdian Sepanjang Hayat; dan
  • Aries Zulkarnaen dianugerahi Anugerah Amir Sutaarga.
Wiendu Nuryanti ditemani para Dewan Juri dan sejumlah tokoh permuseuman membuka Indonesia Museum Award 2023 di Jakarta, 18 November 2023

Tahun ini, Indonesia Museum Awards mengangkat tema Museum Next, yakni bagaimana museum ke depan mampu berinteraksi dengan masyarakat, sehingga kebermanfaatannya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Ketua Panitia IMA 2023, Musiana Yudhawasti menjelaskan, tahun ini merupakan edisi ke-12. Dia berharap Indonesia Museum Awards 2023 dapat membuat masyarakat semakin perhatian dengan museum di Indonesia. 

“Kami berharap acara ini membuat masyarakat semakin mengenal dan cinta kepada museum. Ini merupakan upaya promosi terhadap museum-museum hebat yang ada di Indonesia. Indonesia Museum Award (IMA) 2023 memberi penghargaan dalam 11 kategori. Tiga kategori diberikan kepada perorangan, dan delapan lainnya untuk museum-museum di Indonesia,” ujar Musiana dihadapan para nominator dan tamu undangan.

Peraih IMA 2023 seluruhnya telah melalui tahap seleksi yang ketat oleh Dewan Juri yang beranggotakan Wiendu Nuryanti, Yadi Hendriana, Samuel Wattimena, Yuliandre Darwis, dan Indroyono Soesilo. Menurut Ketua Dewan Juri Wiendu Nuryanti, Komunitas Jelajah dan para Dewan Juri terus bergerak tanpa henti mendukung perkembangan museum di Indonesia. IMA 2023 diharap semakin mendekatkan museum kepada masyarakat, sebagai sumber inspirasi dan wawasan. “Kami ingin agar masyarakat punya rasa cinta pada museum,” jelas Wiendu.

Sementara menurut Pemerhati Museum sekaligus Anggota Dewan Juri IMA 2023, museum merefleksikan peradaban suatu bangsa. Saat ini Indonesia memiliki sekitar 450 museum, yang mengoleksi beragam antropologi, arekeologi, keragaman budaya, etnik, hingga sejarah untuk memperkuat karakter bangsa. “Keberadaan museum menjadi cukup penting, terutama untuk menyongsong 100 tahun Indonesia sebagai negara maju,” pungkas Indroyono.

Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno turut mengomentari IMA 2023. Sandiaga secara khusus memberi apresiasi kepada Komunitas Jelajah, dan juga pelaksanaan IMA. Menurutnya IMA 2023 sangat positif untuk menginspirasi semua generasi untuk ikut melestarikan keragaman budaya bangsa. Dalam sejarahnya, IMA awalnya hanya mencakup penilaian pada museum di kawasan DKI Jakarta saja. Dalam perkembangannya hingga saat ini, penilaian IMA mencakup seluruh museum dan tokoh permuseuman di seluruh Indonesia. (FSR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini