Menghadap Sang Khalik

0
154

Innalillahi wainna ilaihi rojiuun. Kullun nafsin daaiqotul maut. (Sesugguhnya kita ini milik Allah dan kepada-Nya lah kita akan kembali. Setiap yang bernyawa pati mati). Dua ayat dalam al Quran ini menggambarkan manusia hidup di muka bumi ini tidak ada yang abadi.

Itulah yang yang dialami Hj Widaningsri Soesilo Sudarman binti Mohamad Mangundi-prodjo. Almarhumah telah dipanggil menghadap Sang Khalik, Allah SWT pada Selasa14 Desember 2021, pukul 10.26 WIB dikediamannya Jalan Panglima Polim III No.7, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Almarhumah adalah putri seorang Pahlawan Nasional, Mohamad Mangundiprojo. Juga istri seorang Jenderal Bintang Empat yang Mantan Menko Polkam Soesilo Sudarman, dan ibu serta eyang dari putra-putri dan cucu-cucu yang amat dicintainya, dalam usia 90 tahun.

Kita doakan semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa almarhumah dan menerima semua amal ibadahnya. Semoga kelak ditempatkan di surga bersama para syuhada. Aamiin ya robbal alamiin.

Rumah duka  kedatangan banyak pelayat lintas generasi untuk bertakziah, mendoakan almarhumah. Sepanjang Jalan Panglima Polim III berjejer karangan bunga yang dikirim banyak kalangan, dari Presiden RI ke-5, Ibu Megawati Soekarnoputri, hingga Mantan Wakil Presiden Try Soetrisno, para menteri, dan mantan menteri berbagai Periode Kabinet RI, Panglima TNI dan Mantan Panglima TNI, hingga kelompok-kelompok profesional dari Rumah Sakit Pertamina, PT.Kilang Pertamina Indonesia, Kemen ESDM, Kemen Parekraf, BPPT, APHI, PII, ITB, UI serta dari para tokoh Purnawirawan TNI, Legiun Veteran RI, serta kalangan generasi muda.

“Saya sangat kaget mendengar Ibu Soesilo Soedarman wafat.” demikian ucapan pertama dari Karlinah Umar Wirahadikusumah, istri Mantan Wakil Presiden RI, 1983 – 1988, Jenderal (Purn) Umar Wirahadikusumah. “Sebelumnya, hampir setiap hari saya selalu kontak dengan almarhumah dan setiap minggu kita selalu berkumpul dalam Klub Bahasa Perancis,” tambahKarlinah.

Beda lagi kesan dari generasi level anak, namun pernah bekerjasama didalam Organisasi Dharma Wanita Pusat, yaituKrisnina Akbar Tanjung, istri tokoh Golkar, Akbar Tanjung, yang juga pernah menjabat menteri di berbagai periode Kabinet dan Ketua DPR RI.  Nina menyatakan bahwa suasana rapat di Dharma Wanita Pusat selalu santai dan riang bila ada Widaningsri, mengingat yang terakhir ini sering menyelipkan guyonan dan joke ditengah suasana rapat.

Termasuk kisah Sang ART saat di AS, Rumhadi, yang kebingungan mencari terjemahan dari makanan jamur, lalu sibuk menggambar di kertas dan memperlihatkan gambar jamur tadi kepada penjaga Supermarket. Sang penjaga langsung menjawab:”Mushroom?”Kagetlah Mas Rumhadi ini:”Lho kok you know my name?” Gelak tawa langsung menyeruak.

Artikel selengkapnya dapat anda baca di Majalah Sains Indonesia edisi Januari 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini